Katakan saja Saya dan Anda merupakan 2 orang yang berbeda. Kita berdua pasti memiliki impian untuk sukses dalam kehidupan yang berbeda pula bukan? Pastinya doa kita pun berbeda. Misal, saya berdoa seperti ini, “Ya Allah, tolong bantu hilangkan semua masalah yang nanti akan saya hadapi.” Dan Anda berdoa, “Ya Tuhan, tolong beri saya kekuatan dan kesabaran untuk mengatasi semua masalah yang akan saya hadapi nanti.”

Sekilas doa kita mirip-mirip ya kedengarannya. Tapi ternyata doa kita punya arti yang berbeda. Orang sukses seperti Anda pasti sudah mengerti kalau untuk mencapai kesuksesan dibutuhkan proses. Dalam menjalani proses menuju sukses tersebut Anda pasti akan menghadapi berbagai macam kendala dan masalah. Pas-ti. Tapi alih-alih takut untuk menghadapinya, Anda berdoa kepada Tuhan untuk memberikan kekuatan dan kesabaran. Anda percaya kan seberapa besarpun masalah yang akan dihadapi, Tuhan pasti akan membantu kita untuk mengatasinya.

Sikap orang sukses sangat berbeda dengan sikap orang gagal. Orang yang gagal masih belum bisa memahami akan pentingnya sebuah proses dalam meraih kesuksesan. Karena itu dalam contoh doa saya tadi, doanya cenderung meminta untuk masalahnya hilang dari hidup mereka dan berharap jalan untuk meraih sukses mudah didapat. Ini ciri-ciri orang gagal, Gak-mau-berproses. Pengennya langsung sukses.

3 kendala pembangun jaringan pemula dan solusinyaDalam membangun bisnis jaringan (network marketing) baik secara offline maupun online sering muncul kendala dan masalah. Network Marketer atau Pemasar Jaringan pemula seringkali mengalami down atau hilang semangat. Lalu bagaimana cara mengatasinya agar Anda sebagai pemula di bisnis ini bisa juga mengikuti jejak sukses leader-leader yang telah lebih dulu memulai?

Membangun bisnis mlm tidak berbeda jauh dengan bisnis konvensional. Untuk mencapai kesuksesan, Anda dan Saya membutuhkan mentor. Mentor adalah orang yang siap membantu kita menghadapi masalah-masalah yang pasti muncul. Mentor di bisnis ini merupakan upline aktif di jaringan bisnis kita. Banyak hal yang akan Anda dapatkan setelah bergabung didalam jaringan bisnis Saya, Kita belajar bersama dengan upline-upline yang telah berpengalaman di bisnis ini. Proses pembelajaran secara tatap muka langsung dan juga melalui media online seperti ebook, video dan secret group di facebook.

Berikut merupakan 3 Kendala Network Marketer (Pemasar Jaringan) Pemula dan Solusinya

Ditolak

Siapa yang sudah mengalaminya? Hihihi Jangan salah ya, maksudnya bukan ditolak saat Anda menyatakan cinta ke gebetan. Hal ini lumrah adanya, coba pikirkan berapa kali dalam sehari Anda menolak setiap peluang, penawaran dari sales, atau iklan yang lewat di timeline sosial media Anda? Banyak bukan yang Anda tolak? Jadi sebenarnya penolakan dalam bisnis adalah hal yang biasa terjadi. Kalau Anda ingin sukses bisnis, sering-seringlah ditolak. Hehe

Penolakan di bisnis ini pasti Anda rasakan, kalau belum ya berarti Anda belum memulai dan mencoba informasikan bisnis ini kepada teman-teman Anda. Kalau sudah ditolak beberapa kali (1-2x misalnya) jangan buru-buru menyimpulkan kalau Anda gak cocok jalankan bisnis ini (ya iya, baru mulai kerja 1-2x terus ditolak gagal langsung K.O kan payah).

Jadi Apa Yang Perlu Saya Lakukan Biar Gak Ditolak? Jawabannya adalah lakukan terus.

Ya, lakukan terus untuk informasikan bisnis ini ke sebanyak-banyaknya orang. Karena kuantitas sangat menentukan disini. Semakin besar kuantitas yang Anda lakukan dalam mengerjakan bisnis ini semakin bagus juga kualitas Anda nantinya. Sehingga saat kualitas (pengembangan diri) Anda naik, semakin banyak orang yang percaya dan bergabung di jaringan Anda.

Selain itu, saran Saya lakukan konsultasi dan role play bersama sponsor aktif Anda yang merupakan mentor Anda di bisnis network marketing ini. Sangat penting juga untuk memanfaatkan alat bantu seperti CD, Majalah, Buku dan pertemuan terdekat di kota Anda tinggal. Alat bantu berfungsi untuk membantu Anda menjelaskan kepada prospek tentang bisnis ini. Biasanya orang akan lebih percaya informasi dari pihak ketiga dibandingkan dari Anda secara langsung.

Downline Pasif

Yes! Asyik! Anda berhasil mengajak orang untuk bergabung di jaringan bisnis Anda. Langsung ambil paket member 2,6 juta pula. Eh kok, tapi. Kenapa dia langsung hilang, dikontak susah, dikasih tools marketing yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana dia belajar kok gak di pelajari. Padahal awalnya dia semangat, pengen sukses di bisnis ini bareng.

Sukses merupakan hak tiap orang. Tapi, apa daya kita kalau orangnya memang belum siap berproses untuk menjadi orang sukses. Mau dipaksa-paksa juga tidak akan bisa. Perlu niat dan kemauan yang kuat dari dirinya sendiri. Kita hanya bisa mengarahkan sebagai mentor.

Banyak kemungkinan yang terjadi disini. Mungkin dia bergabung dengan Anda hanya ingin membeli produk-produk tiens yang dia butuhkan untuk dikonsumsi. Jadikanlah dia teman baik dan layanilah dengan baik. Dia merupakan pelanggan yang ideal untuk Anda. Mungkin dia bergabung dengan Anda ingin belajar cara menjalankan bisnis ini, namun dia belum siap untuk meluangkan waktu belajar dan melakukan saat ini. Bangunlah hubungan terus dan jaga silaturahmi Anda dengan dia. Bisa jadi saat yang tepat untuknya bukan saat ini, tetaplah informasikan update ilmu dan informasi kepadanya. Penting untuk mengajak dia bergabung di komunitas positif. Salah satunya adalah pastikan dia tergabung didalam Secret Group Facebook DreamsComeTrue.id.

Struktur Jaringan Tidak Seimbang

Di Bisnis ini Anda bebas menentukan berapa banyak jalur jaringan bisnis Anda. Namun, untuk membangun aset yang kuat di Bisnis ini disarankan untuk memiliki 4 jalur jaringan aktif. Dalam perjalanannya nanti, akan ada masa dimana Anda memiliki banyak downline yang sangat aktif dan bahkan bisnisnya melaju pesat. sementara beberapa downline dari jalur bisnis Anda yang lain belum sekencang jalur utama tersebut. Omset Penjualan atau TNPV menjadi tidak seimbang antara jalur jaringan yang Anda miliki. Untuk mengatasi masalah ini, teruslah memperbesar dan membantu jaringan Anda yang pergerakkannya masih kecil. Bersikaplah dengan bijak. Bantulah mereka dengan tulus. Karena jika Anda ingin sukses di bisnis ini tidak bisa sendirian. Anda harus bantu lebih banyak orang untuk sukses dahulu, barulah Anda berhasil mencapai kesuksesan.

Aturlah waktu Anda untuk membantu seluruh jalur jaringan bisnis Anda dengan porsi yang seimbang. Pada prinsipnya, jalankan bisnis ini dengan tenang dan enjoy aja. Jangan pernah putus asa dan teruslah belajar hal-hal dan ilmu baru. Keep Action!

Isa Koswara,
Distributor TIENS Indonesia
SMS 087809000530