Bisa gak kamu lepas sebentar aja dari gadget yang kamu pegang dan putus dari koneksi data internet?

digital passive consumer vs smart digital creator

Kita kini sudah berada di zaman digital. Dimana semua akses informasi yang kita cari dan butuhkan tidak akan jauh kita dapatkan. Cukup buka gadget, beberapa klik dan taraa! informasi yang kita cari dengan mudah akan kita temukan.

Lalu pertanyaannya apakah kita hanya sebagai Digital Passive Consumer atau inginkah kita ikut andil didalam zaman Digital ini sebagai Smart Digital Creator ? tentu itu pilihan kamu masing-masing.

Memang apa bedanya? Perbedaan antara digital passive consumer versus smart digital creator sangat sederhana.

Coba jawab pertanyaan dibawah ini untuk mengukur kamu termasuk kategori yang mana.

1. Kamu penikmat konten atau pencipta konten?
2. Saat kamu online, lebih banyak waktu yang terbuang sia-sia atau jadi bermanfaat?

Saya dikatakan Digital Passive Consumer jika saya lebih bersifat aktif dalam konten-konten yang sudah terjadi didalam sosial media maupun jalur internet lainnya. Biasanya saya lebih senang untuk membahas tema yang sedang IN. Mau itu gossip atau informasi yang tidak jelas namun banyak yang membicarakan.

Sedangkan..

Saya dikatakan Smart Digital Creator jika saya dapat menjadi pencipta konten yang mampu menarik banyak follower untuk membicarakan konten tersebut dan dengan senang hati menyebarkannya.

Konten-konten yang bermanfaat dapat tercipta dari buah ide maupun amati-tiru-modifikasi dari tema-tema konten yang sudah pernah ada.

Siapapun dapat menjadi Smart Digital Creator jika mempunyai 3 hal ini:

1. Memiliki visi yang jelas, tahu konten mana yang mencerdaskan follower yang berkaitan dengan segmentnya.

2. Memiliki passion dalam satu bidang dan fokus dengan bidangnya tersebut.

3. Kreatif, penuh ide inovasi baru untuk menciptakan konten cerdas baru bagi followernya.

Untuk menjadi Smart Digital Creator memang tidak perlu memiliki pendidikan tinggi, bermodalkan semangat belajar hal-hal baru, aktif dan konsisten dalam membuat konten dan senang dengan kegiatan tersebut sudah cukup.

Saya dengan tim juga ingin ikut andil dalam membuat suatu konten baru dan berinovasi lebih kreatif dari contoh yang sebelumnya memang sudah pernah ada. Dengan cara mengamati-meniru-memodifikasi akhirnya program baru ini muncul dan akan kami launching di tanggal 21-22 Juni 2014 nanti dengan tema, #WebCampAcademy: “Habis Gelap, Terbitlah Terang”.

Program ini hanya sebagai dedikasi kami untuk mendapatkan manfaat dari ilmu yang telah kami praktekkan. Agar lebih banyak lagi teman-teman yang dapat menikmati ilmu yang jelas sangat bermanfaat bagi kami 2 tahun kebelakang.

Jangan sungkan untuk bertanya atau sekedar mengobrol dengan saya, via Twitter. Mention @IsaKoswara ya!