Ada hubungan alami antara internet marketing yang mencakup sosial media marketing dan website marketing dengan konten marketing. Ketika semuanya dimanfaatkan untuk membentuk sebuah strategi marketing online, akan terjadi proses marketing yang saling berkaitan. Konten yang telah dibuat jika didistribusikan luas dan tertarget akan sampai pada target market yang tepat.

content is king but distribution is kingkongPertanyaannya, yang mana yang harus kita lakukan terlebih dahulu diawal? Menurut saya, merancang strategi konten marketing adalah hal yang utama. Seperti yang dikemukakan oleh Bill Gates “Content Is King” pada tahun 1996. Ya Konten adalah Raja, agar terjadi penjualan konten yang cerdas dan menarik harus tersaji untuk calon konsumen.

Sebagai Pebisnis di Internet, saya harus dapat merencanakan, membuat dan menyalurkan konten yang bermanfaat bagi calon konsumen dari produk dan jasa yang saya jual. Saya sendiri masih terus belajar bagaimana cara belajar menulis konten yang cerdas dan hebat untuk disalurkan kepada follower di sosial media maupun pengunjung website saya ini.

Ada beberapa tips yang saya dapatkan untuk membuat konten yang dapat menghasilkan penjualan, agar saya tidak lupa dan saya praktekkan akan saya share disini.

Langkah-langkah membuat strategi konten marketing yang cerdas dan hebat:

1. Berpikir layaknya jurnalis

Sebelum menuliskan inti pesan yang akan kita sampaikan didalam konten artikel, ingat! pembaca akan lebih menyukai membaca konten artikel yang diawali dengan judul headline dan paragraf awal yang menarik bagi dirinya. Menangkanlah hati pembaca dengan membuat judul headline dan paragraf awal, sehingga pekerjaan menulis konten selanjutnya adalah pekerjaan yang lebih mudah.

2. Temukan Inspirasi

Jika kamu tidak mendapatkan inspirasi untuk menulis konten baru di website ataupun sosial media, ada baiknya lakukanlah obrolan-obrolan kecil dengan orang-orang disekeliling kamu. Keluarga, teman dan kenalan baru mungkin dapat berperan sebagai inspirasi baru untuk kamu memulai membuat suatu konten baru. Tentu saja inspirasi itu yang berkaitan dengan tema yang sejalan dengan isi website kamu.

3. To The Point

Ya, seringkali saya pun sering membuat konten artikel yang terlalu bertele-tele. Basa-basi sana sini dahulu, baru masuk inti pesan yang mau saya sampaikan. Namun ternyata basa-basi yang terlampau panjang mengakibatkan pembaca bosan dan segera meninggalkan website. Jadi, alangkah baiknya didalam konten buatlah beberapa baris saja untuk kalimat pembuka yang mengantar kepada inti pesan. Sehingga pembaca segera menemukan apa yang mereka cari, siapa tahu itu solusi untuk mereka.

4. Mengobrollah..

Bahasa yang terlalu baku dan bersifat satu arah seringkali sangat membosankan untuk dibaca oleh pengunjung website kita. Jadi, usahakanlah agar selalu mengisi konten dengan kalimat-kalimat yang seperti mengajak mengobrol dengan pengunjung.

5. Hard Selling, Soft Selling, Elegant Selling

Ketiga hal tersebut sangatlah berbeda, kamu lebih senang menggunakan tehnik yang mana? Kalau saran saya sih, cobalah menulis konten yang soft selling terus menerus agar kamu terlatih untuk membuat konten yang elegant selling nantinya. Hard selling lebih cocok jika kamu menulis di website ecommerce yang memang pengunjung datang kesana untuk membeli produk yang dia butuhkan. Namun jika tujuan kamu untuk menjual produk di website marketing kamu, lakukanlah soft dan elegant selling.

6. Dengan Foto, Buat Nyata

Jika kamu berencana untuk membuat konten artikel yang disertakan foto untuk menarik pengunjung datang membaca. Usahakan tidak pakai foto-foto yang mudah kamu temui dengan mencari di google. Memang foto-foto tersebut terlihat bagus, namun lebih bagus lagi jika kamu ambil foto yang tidak pasaran dan sampaikan pesan dengan foto tersebut.

Nah 6 tips tersebut dapat kamu coba praktekkan terlebih dahulu mulai dari sekarang, di artikel selanjutnya saya akan memberikan 6 tips lanjutannya. Jadi ada baiknya kamu bisa subscribe email kamu di sidebar kanan sana. Agar kamu tidak ketinggalan update artikel terbaru dari blog sederhana saya ini. :)